Avanza Veloz Handal Buat Nanjak

Advertisement
Avanza Veloz Handal Buat Nanjak bisa dibuktikan pada saat sesi ujicoba yang dilakukan oleh Toyota Astra Motor (TAM) pada Selasa, (22/11/2011), di wilayah Sumatrera Barat. Trek yang dipilih pun tergolong lengkap untuk menguji seberapa handal Avanza Veloz dan para saudaranya.

Setelah menyelesaikan perjalanan pada etape awal dengan jalur Padang-Bukittinggi, akhirnya perjalanan dilanjutkan dari Bukitinggi menuju Payakumbuh ke wilayah pegunungan Lembah Harau. Trek kali ini disuguhkan pada kontur jalanan menanjak, menurun dan berliku. Beruntung aspal di wilayah Sumatera Barat berkategori cukup baik, sehingga ujicoba Avanza Veloz Handal Buat Nanjak berlangsung lancar.

Arus lalu lintas ternyata cukup padat dengan didominasi oleh sepeda motor dan truk-truk besar lintas Sumatera. Perjalanan dilakukan dengan sistem konvoi sehingga tidak diperbolehkan diantara peserta konvoi saling dahulu mendahului, sehingga lalu lintas tetap aman, disiplin dan rapi.

Seperti kita semua telah ketahui, Avanza Veloz adalah kasta tertinggi dari All New Avanza. Veloz punya spesifikasi mesin IL, 4 silinder, 16 V, DOHC, VVT-I dengan isi silinder 1.495cc. Modal mesin ini mampu menyemburkan tenaga maksimum 104ps/6.000 rpm dengan torsi maksimal 13,9 kgm/4.400 rpm. Sudah sangat layak untuk jenis mobil keluarga.

Dengan kecepatan yang relatif sedang, perjalanan menuju Payakumbuh hingga Lembah Harau pun dimanfaatkan untuk merasakan performa Avanza Veloz pada kecepatan rendah hingga maksimal 80 km/jam. Sebenarnya tuas perseneling dirasa terlalu pendek bagi beberapa pengemudi yang memiliki ukuran tubuh tinggi. Namun itu tidak membuat nilai Avanza Veloz Handal Buat Nanjak menjadi berkurang karena ini hanya masalah kebiasaan dalam mengemudi saja.

Perpindahan gigi dengan gear ratio coba dirasakan penuh. Pada Avanza Veloz transmisi manual memiliki gear ratio gigi 1: 3.769, gigi 2: 2.045, gigi 3: 1.376, gigi 4: 1.000, gigi 5: 0.838, serta reverse 4.128 dan final gear ratio 4.875. Gigi satu cukup panjang, sementara kendaraan juga bisa mulai start dengan gigi dua di jalanan datar.

Pilihan kontur jalan yang bervariasi membuat Veloz bisa dirasakan performanya di putaran bawah dan atas. Pada jalanan menanjak, start dengan gigi dua plus rpm menengah sudah cukup membuat mobil berakselerasi. Sayang, belum ada kesempatan untuk mengetahui berapa akselerasi maksimal dari Avanza Veloz ini, karena kondisi jalan memang sangat padat dan rapat.

Dengan sistem kemudi Rack & Pinion dengan Electric Power Steering sangat memudahkan pengemudi mencari haluan berkendara. Kemudi menjadi lebih ringan tapi tanpa meninggalkan sisi kestabilan. Sedangkan sistem ABS (Anti-Lock Brake System) pada Avanza Veloz Handal Buat Nanjak membuat semakin mantap rasa percaya diri untuk memacu mobil. (mq).
 

0 comments to “Avanza Veloz Handal Buat Nanjak”

Poskan Komentar

 

Modifikasi Mobil Terbaru Copyright © 2011 -- Privacy Policy -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger