Hal - Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Menjelang Mudik

Advertisement

Hal - Hal Penting Menjelang Mudik. Mudik alias pulang kampung,  telah menjadi tradisi yang yang kental dilakukan untuk menikmati moment bersama keluarga besar atau orang terkasih. Para pelakunya kebanyakan adalah mereka yang tinggal didaerah perkotaan.

Bagi mereka yang memiliki kendaraan / mobil pribadi, pasti akan memanfaatkan kendaraanya daripada harus berdesak - desakan untuk mengantri tiket kendaraan umum. Bagi anda yang akan melakukan mudik dengan mengendarai mobil, ada baiknya melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Ada beberapa piranti kendaraan lainya yang acap kali sering tak kita pedulikan namun akan sangat merepotkan bila terjadi sesuatu.
Sebelum kita lanjutkan, ada baiknya anda simak dulu Modifikasi Honda CR-V dan Modifikasi Toyota Yaris sebagai acuan penting.

Hal - Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Menjelang Mudik adalah ;

1. Minyak Pelumas / Oli. Adalah hal pertama yang harus anda perhatikan. Periksa volume olie dengan cara memeriksa pada stick kontrol. Dan perhatikan pula kelayakan olie anda sebagai pelumas. Ganti dengan olie baru apabila perlu.

2. Lampu-lampu. Pastikan seluruh lampu-lampu dan saklar-saklarnya berfungsi dengan baik, termasuk bohlamnya. Ganti baru jika sudah putus. Jika batok lampu depan kotor, segera bersihkan menggunakan kain perca, air dan shampoo mobil lalu masukkan ke dalam batok lampu, dan kocok-kocok. Kain perca berguna untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel dibagian dalam batok lampu. Tambahkan lampu kabut, jika akan melewati daerah berkabut.


3. Aki (Accu). Jangan pandang sepele hal yang satu ini. Karena aki sangat berpengaruh terhadap performa lampu-lampu mobil. Periksa ketinggian airnya dan tambahkan jika hanya berkurang. Namun segera ganti dengan aki baru jika ternyata elemennya memang sudah rusak.

4. Ban. Kondisi ban yang baik bisa menghemat bahan bakar dan tentunya membuat mudik Anda semakin terasa aman dan nyaman. Periksa kondisi seluruh ban mulai dari kembangnya dan tekanan anginnya. Jika diperlukan, lakukan Spooring dan Balancing di bengkel mobil kepercayaan Anda.

5. Rem. Periksa setiap bagian rem, mulai dari minyak rem, kampas, dan juga selang rem. Jika terjadi kebocoran, disarankan segera ganti baru. Sama halnya dengan kampas rem, jangan tunggu hingga kampas rem benar-benar habis. Karena kampas rem yang sudah habis bisa merusak tromol atau cakram. Jangan lupa, periksa juga kepakemannya, dan gunakan spareparts yang berkualitas.

6. Karet wiper. Periksa kondisi karet wiper. Kalau sudah jelek atau retak-retak, sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Jangan lupa, pastikan alat pembersih kaca depan atau belakang berfungsi dengan baik. Cek juga cairan pembersihnya, tambahkan jika perlu.
Nah…sekarang Hal - Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Menjelang Mudik telah anda lakukan dengan seksama dan kendaraan / mobil anda pun siap untuk melaju di medan tempur menuju mudik.(mq).

0 comments to “Hal - Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Menjelang Mudik”

Posting Komentar

 

Modifikasi Mobil Terbaru Copyright © 2011 -- Privacy Policy -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger